Jejak Pengembara #6

:: burung pelatuk

aku terkenang burung pelatuk yang tak pusing-pusing, paruh di ujung
kepalanya dibentur-benturkan pada kayu untuk dijadikannya sarang,
bagi diri dan anak-anaknya

maka seumpama aku adalah dia dan kamu adalah mereka, pelajaran
apa yang kita terima?

aku ingat burung pelatuk yang memanjat ke atas dan turun ke bawah
mencari serangga di sekitar sarang, bagi diri dan anak-anaknya

maka tak ada niscaya, hidup adalah sekitar kita.
pelajaran apalagi yang bisa kita terima?

aku ingat burung pelatuk yang bulu punggung dan kepalanya berlainan
warna, bagi diri dan anak yang baru ditetaskannya

pelajaran apalagi yang akan kita terima?

aku ingat burung pelatuk yang mengajari anaknya terbang dan
pada burung pelatuk yang belum kutahu tentang kapan kematiannya

mungkin kau lebih tahu pelajaran apa yang sudah kita terima,
meski tak cukup tertuang pada semua kata.

wk, 20102011

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Pesan dan Komentar Anda di Sini